Home Lifestyle Data Insignia Xiaomi Terlaris di Segmen 5G di Indonesia, Kalahkan Dua Merek...

Data Insignia Xiaomi Terlaris di Segmen 5G di Indonesia, Kalahkan Dua Merek Besar Ini

KLIKTARGET.ID – Hingga Juni 2022, MarketHac dari Insignia melaporkan hasil pendataan mereka bahwa ponsel Xiaomi menjadi yang terlaris dalam segmen 5G di Indonesia. Ponsel pintar itu sedikitnya pilihan yang tersedia di pasar, serta meningkatnya minat masyarakat terhadap perangkat berteknologi koneksi terbaru ini.

Di platform lokapasar hingga pertengahan tahun ini, ponsel 5G Xiaomi Note 10 memimpin pasar dengan penjualan mencapai 100 ribu unit. Faktor pendongkrak penjualan Note 10 ini antara lain karena harganya yang di bawah merek lain yang rata-rata di atas Rp5 juta.

Samsung Galaxy A52s dan IPhone 13 Pro merupakan smartphone 5G terlaris kedua dan ketiga.

“Dari data yang dikumpulkan, kami melihat bahwa banyak orang yang berminat dengan ponsel 5G atau sudah mulai ingin memanfaatkan layanan 5G. Namun, harga ponsel yang masih tinggi dan cakupan area yang masih terbatas tampaknya membuat orang menahan dari untuk membeli ponsel 5G,” kata Richard Ho selaku Direktur Insignia dalam keterangan resminya yang dikutip pada Jumat (22/7/2022).

Di platform e-commerce, MarketHac memantau pergerakan jual-beli ponsel 5G terutama di semester pertama tahun 2022. Secara garis besar, penjualan ponsel 5G mengalami peningkatan dari tahun lalu namun minat masyarakat terhadap ponsel 5G belum optimal.

Penjualan ponsel 5G pada akhir kuartal kedua 2022 memberikan kontribusi sebesar 9,3 persen dari total penjualan ponsel setiap bulan.

Total penjualan ini meningkat 1,6 persen dibandingkan tahun lalu di mana penjualan ponsel 5G hanya menyumbangkan 7,7 persen dari rata-rata seluruh penjualan ponsel yang dibeli secara online di Indonesia setiap bulannya

Dari jumlah merchant yang menjual produk smartphone di e-commerce selama tahun 2022, baru sekitar 25 persen yang menjual ponsel 5G. Varian tipe smartphone 5G yang tersedia pun tidak banyak, hanya 1 dari 7 ponsel yang ditawarkan penjual. (*)