Home Headline News Utak-atik Calon Wakil Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Gandeng Jihan Nurlela atau Rahmawati...

Utak-atik Calon Wakil Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Gandeng Jihan Nurlela atau Rahmawati Herdian

Rahmawati Herdian (2 kanan) bersama adiknya dan orangtuanya, Herman HN-Eva Dwiana. Nasdem mendukung Rahmat Mirzani menjadi Calon Gubernur Lampung dan membuka peluang Rahmat Mirzani memiolih Rahmawati Herdian menjadi calon wakil gubernur.

BANDARLAMPUNG, TARGET.ID – Rahmat Mirzani Djausal sudah mengamankan kursi Calon Gubernur Lampung. Yang menjadi pertanyaan banyak orang, siapa yang akan mendampingnya, siapa sosok yang menjadi Calon Wakil Gubernur Lampung?

Banyak pengamat memprediksi, dari beberapa alternatif, Rahmat Mirzani akan menggandeng Jihan Nurlela, anggota DPD Lampung. Peluang Rahmat Mirzani-Jihan Nurlela memenangi Pilgub Lampung sangat besar.

Rahmat Mirzani yang merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Lampung sudah mendapat rekomendasi sebagai calon gubernur dari dua partai dan memenuhi syarat untuk mengajukan dukungan pasangan calon.

Partai pertama yang memberi rekomendasi tentu saja partainya sendiri, Gerindra. Partai kedua yang memberi rekomendasi adalah Nasdem.

Syarat partai atau gabungan partai untuk mengusung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung dalam Pilkada 2024 adalah minimal 20 persen kursi DPRD Lampung hasil Pileg 2024.

Jumlah anggota DPRD Lampung adalah 85 orang. Dengan demikian, syarat dukungan adalah 17 kursi.

Gerindra pada Pileg 2024 lalu meraih 16 kursi, sedangkan Nasdem 10 kursi. Total 26 kursi. Sudah jauh di atas batas minimal 17 kursi.

Dengan dua partai itu saja, Gerindra dan Nasdem, Rahmat Mirzani sudah melenggang menjadi calon gubernur.

Lantas, siapa pasangannya?

Sejauh ini, nama pasangan Rahmat Mirzani belum terkuak. Namun, dari informasi yang berkembang, ada beberapa kemungkinan.

Pertama, Rahmat Mirzani akan menggandeng Umar Ahmad dari PDIP. Umar Ahmad sebelumnya sudah mendapat rekomendasi dari partainya untuk menjadi Calon Wakil Gubernur Lampung.

Jika Rahmat Mirzani-Umar Ahmad menjadi pasangan calon, maka koalisi Gerindra-Nasdem-PDIP sudah mengantongi 39 kursi, sebab PDIP memiliki 13 kursi di DPRD Lampung.

Kedua, Rahmat Mirzani akan menggandeng Jihan Nurlela, anggota DPD asal Lampung. Jihan adalah kader PKB yang juga adik kandung Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia Chalim.

Jika Rahmat Mirzani-Jihan Nurlela menjadi pasangan calon, maka koalisi Gerindra-Nasdem-PKB sudah mengantongi 37 kursi, sebab PKB memiliki 11 kursi di DPRD Lampung.

Dugaan Rahmat Mirzani menggandeng Jihan Nurlela antara lain muncul dari keakraban Chusnunia atau Nunik dengan Rahmat Mirzani. Baru-baru ini, Gerindra dan PKB menggelar pengajian akbar di Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

Ketiga, Rahmat Mirzani akan menggandeng kader Nasdem sebagai konsekuensi dukungan Nasdem.

Sebelum ini, Ketua DPW Nasdem Lampung Herman HN yang sangat berambisi menjadi calon gubernur, namun dengan konstelasi terbaru itu, Herman HN harus merelakan kursi calon gubernur.

Apakah Herman HN akan turun kasta menjadi calon wakil gubernur? Kemungkinannya ada, namun kecil. Herman HN tentu tidak akan mau menjadi wakil.

Kemungkinan yang masuk akal, Rahmat Mirzani menggandeng putri Herman HN, Rahmawati Herdian, yang saat ini menjadi anggota DPR terpilih dari Nasdem.

Jika Rahmawati Herdian menjadi wakil Rahmat Mirzani, otomatis ia akan melepas kursi DPR RI. Kondisi ini bisa menyelesaikan friksi yang terjadi antara Herman HN dan Taufik Basari.

Taufik Basari adalah Ketua DPP Nasdem dan cukup lama menjabat Plt Ketua DPW Nasdem Lampung yang tersingkir dalam kontestasi Pileg 2024 lalu. Ia dikalahkan oleh Rahmawati Herdian. Inilah yang diduga memunculkan friksi internal Nasdem Lampung.

Jika Rahmawati Herdian menjadi wakil Rahmat Mirzani, maka Taufik Basari akan kembali melenggang ke Senayan.

Hitung-hitungan logis dari kemungkinan Rahmat Mirzani menggandeng Rahmawati Herdian adalah suara pemilih di Bandar Lampung dan sekitarnya dikuasai oleh Herman H N dan istrinya, Eva Dwiana yang juga Wali Kota Bandar Lampung.

Rahmat Mirzani akan fokus menggarap suara dari tiga kabupaten dengan pemilih terbesar, yakni Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Lampung Timur.

Tentu saja ini hanya utak-atik, banyak kemungkinan lain yang bisa terjadi pada hari-hari mendatang.

Namun banyak pengamat memprediksi Rahmat Mirzani yang biasa disebut RMD akan memilih pasangan yang lebih potensial untuk memenangi Pilgub Lampung, yakni Jihan Nurlela.

Tanda-tanda Rahmat Mirzani-Jihan Nurlela akan berpasanghan di Pilgub Lampung terlihat dari keakraban Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia dengan Rahmat Mirzani.